DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
B.
Perumusan
masalah
C.
Tujuan
penulisan
D.
Manfaat
penulisan
Bab II PEMBAHASAN
A.
Pengertian
gadget
B.
Perkembangan
gadget
C.
Dampak
penggunaan gadget
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas
kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan kesempatan kepada penulis
dalam mengembangkan karya tulis ini yang berjudul “Gadget”.
Terima kasih penulis ucapkan
kepada bapak Siswandi, M si. selaku dosen mata kuliah Pengantar komputer, yang
telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun
karya tulis ini sebagai tugas individu mata kuliah ini.
Dan Tak lupa penulis mengucapkan terima
kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam mengembangkan
karya tulis ini.
Dalam
penulisan karya tulis ini banyak sekali terdapat kekurangan dan kelemahannya
baik dari segi penulisan dan juga materi itu dikarenakan penulis masih dalam
proses belajar. Kritik dan saran yang membangun penulis harapkan dari para
pembaca.
Demikianlah
karya tulis ini penulis buat agar bermanfaat baik bagi diri penulis maupun bagi
orang lain yang membacanya.
Anyar,
Februari 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Masuknya
era globalisasi telah mempengaruhi perkembangan teknologi di berbagai belahan
dunia. Akibatnya terhadap perubahan gaya hidup manusia yang semakin kompleks
dan ingin segala sesuatunya instan, karena sifatnya sebagai mobile
human yang dinamis. Artinya bahwa manusia zaman modern ini dapat
mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan segala fasilitas untuk kepentingan
hidupnya. Salah satu tekhnologi yang canggih dan fleksible ialah gadget.
Gadget, Sangat sering sekali kita dengar kata itu
akhir-akhir ini. Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat
diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan
kemajuan dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin
saat kita sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan
pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan
praktis. Dan mungkin salah satu dari berbagai jenis gadget telah kita miliki,
seperti BlackBerry, Apple dan Android. Ketiga merek tersebut sangat banyak kita
temui dipasar Indonesia saat ini.
Dengan demikian, kecanggihan-kecanggihan teknologi yang
hadir dapat menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan kita entah itu yang
positif ataupun dampak negatif. Para pengguna gadget sebaiknya
memang bisa menyadari akibat-akibat tersebut. Gadget dapat menguntungkan
manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya. Maka tetap
bersikap cerdaslah dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget lebih baik
daripada hidup tanpanya.
B. Perumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan gadget?
2. Bagaimana perkembangan gadget pada
saat ini?
3. Apakah dampak positif dari
perkembangan gadget?
4. Apakah dampak negatif dari
perkembangan gadget?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk memberikan informasi mengenai
gadget.
2. Untuk memberikan informasi mengenai
perkembangan gadget.
3. Memberikan informasi mengenai sejara
gadget
4. Untuk memberikan informasi mengenai
dampak positif dan negatif dari gadget.
D. Manfaat Penulisan
1. Untuk menambah ilmu dan wawasan
pembaca dan penulis mengenai gadget.
2. Untuk memberikan informasi-informasi
yang menarik bagi pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Gadget
1. Gadget adalah sebuah istilah yang
berasal dari bahasa Inggris,
yang artinya perangkat elektronik
kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut
sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat
elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu
muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi
lebih praktis.
2. Gadget adalah
sebuah obyek (alat atau barang elektronik)
teknologi kecil
yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau
barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara
lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya.
B. Perkembangan gadget
Ada masyarakat yang terpengaruh
dengan perkembangan gadget ini dan ada yang tidak. Bagi yang tidak terpengaruh,
mereka santai saja menjalani kehidupan seperti biasa dengan gadget seadanya dan
tidak terlalu memusingkan hal tersebut untuk mendapatkan gadget terbaru dengan
segala pemikiran. Bagi yang terpengaruh, mereka selalu mengikuti perkembangan
gadget. Mereka berlomba-lomba membeli gadget terbaru dengan berbagai cara. Ini
semua dilakukan hanya demi sebuah gengsi. Padahal belum tentu mereka yang
mengikuti trend gadget dapat menggunakannya dengan maksimal. Bagi mereka “yang
penting punya dan paling bagus diantara yang lain”.
Jika dahulu orang memiliki walkman,
kemudian discman, kini sudah tergusur oleh portable audio player yang sangat
mini dan mudah dibawa kemana-mana.
C. Dampak penggunaan
gadget
1. Dampak Positif Gadget
Sebagai suatu alat yang diciptakan
untuk memudahkan dan membantu pekerjaan kita sebagai manusia, tentu saja gadget
memiliki banyak sekali dampak positif bagi kehidupan manusia. Dampak positif
yang kita terima meliputi berbagai aspek kehidupan. Adapun dampak positif dari
gadget dalam kehidupan ialah sebagai berikut :
1.1. Segi Komunikasi
Dahulu, kita jika ingin
berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya hanya bisa dilakukan jika kita
bertemu tatap muka langsung dengan seseorang. Untuk wilayah yang jauh, kita
hanya bisa saling bertukar informasi dengan mengirim surat. Namun, sekarang ini
kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, tanpa
harus bertemu langsung dengan orang yang bersangkutan. Dengan adanya gadget, seperti
handphone, komputer, dan sebagainya, kita bisa berkomunikasi langsung melalui
suara. Fasilitas lain yang disediakan seperti chatting dan video
call memberi kita kemudahan untuk saling berkomunikasi dengan cara
yang bervariasi. Kita bisa berkomunikasi tanpa harus tanpa terikat tempat
tinggal. Komunikasi menjadi lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian
ataupun dari segi cara kita membawa alat tersebut.
1.2. Segi Sosial
Kita bisa memperbanyak teman
menggunakan gadget dengan cepat dan mudah. Kita bisa berbagi kabar dengan teman
dan kerabat kita di dalam ataupun luar negeri dengan cepat. Apalagi sekarang
sudah banyak social media yang bervariasi membuat kita menjadi
lebih mudah dan bervariasi dalam menyampaikan kabar. Dengan menggunakan gadget,
kita bisa mengakses social media apapun itu, dan membuat kita menjadi lebih
mudah menyebarkan informasi mengenai diri kita ke siapapun yang kita inginkan,
baik itu teman atau saudara. Kemudahan menyebarkan informasi tersebut, juga
bisa membuat kita menjadi lebih kreatif dalam menunjukkan hasil karya kita,
seperti adanya blogger, youtube, soundcloud dan banyak lagi.
1.3. Segi Pendidikan
Banyak sekali dampak positif yang
bisa kita ambil dari gadget pada segi pendidikan. Dengan adanya gadget, seorang
siswa menjadi lebih mudah dalam mencari informasi mengenai pelajaran yang
sedang ia pelajari. Seorang siswa dituntut menjadi seorang yang kreatif dalam
menambah ilmu pengetahuan, dan tidak hanya terpaku dari ajaran guru dan ilmu
yang di dapat di sekolah. Seorang anak yang bergaul dengan gadget juga
cenderung lebih kreatif.
2. Dampak Negatif Gadget
Manusia dan gadget seperti halnya
dua insan yang tak bisa dipisahkan. Tak heran jika sekarang ini banyak manusia
yang lebih nyaman menghabiskan waktunya bersama gadget dibandingkan dengan
sesama manusia. Hal ini dapat menyebabkan manusia menjadi cenderung tak acuh
dengan kehidupan di lingkungan sekitarnya.
Beberapa dampak negatif lain dari gadget di lihat dari
beberapa segi kehidupan ialah :
2.1. Segi Kesehatan
§ Peningkatan resiko kanker dari
penggunaan gadget dikarenakan radiasi yang ditimbulkan.
§ Penggunaan cahaya atau pencerahan
maksimal secara berkara pada ponsel, komputer, atau tablet dapat mengakibatkan
perih pada mata dan bisa menimbulkan rabun pada mata.
2.2. Segi Budaya
§ Lunturnya adat atau kebiasaan yang
berlaku pada daerah tertentu diakibatkan kesibukan menggunakan gadget.
§ Masuknya budaya barat secara
perlahan tanpa adanya filtrasi dari mereka yang kecanduan gadget.
§ Bisa menghilangkan rasa nasionalisme
dan lebih mencintai produk dari luar negeri.
2.3. Segi Sosial
§ Menjadikan manusia cenderung autis
dan asik sendiri dengan gadget nya sehingga tidak menghiraukan lingkungan
sekitar.
§ Tidak bisa mengontrol diri akibat
sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung.
§ Menyebabkan manusia menjadi egois
dan tak terkendali.
§ Menjadikan manusia menjadi lebih
apatis.
§ Banyak orang yang bergaul dengan
gadget hidupnya menjadi tidak teratur.
2.4. Segi Ekonomi
§ Banyaknya terjadi penipuan
dikarenakan mudahnya kemudahan yang disuguhkan dari fitur-fitur yang ada di
gadget.
§ Keuangan yang tidak stabil di dalam
keluarga dikarenakan harus menuruti keinginan anaknya untuk membeli gadget yang
baru.
§ Menjadikan manusia menganut
konsumerisme yang berlebihan.
§ Dengan perkembangan gadget yang
sangat cepat, membuat manusia yang maniac gadget berupaya untuk terus
mengikutinya dan membuat kondisi ekonomi nya semakin menipis dikarenakan
keinginan dan gengsi untuk memiliki gadget terbaru.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Gadget adalah suatu piranti atau
alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis dan spesifik yang berguna dan
umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru dan merupakan sesuatu yang tidak
biasa dan selalu didesain lebih pintar dari teknologi yang ada. Contohnya
adalah komputer, handphone, tablet, game console, dan lain-lain.
Gadget yang sangat banyak digunakan
saat ini ialah smartphone dan tablet. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa
kemana-mana, dan juga sangat praktis, membuat gadget jenis ini sangat diminati
oleh penggunanya.
Banyak dampak positif yang didapat
dari penggunaan gadget, seperti menjadikan komunikasi menjadi lebih mudah dan
praktis dari segi komunikasi, menambah banyak teman dari segi sosial, dan juga
menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari segi pendidikan.
Gadget juga memberikan dampak
negatif seperti pada dapat menyebabkan kerabunan, memudarkan rasa nasionalisme,
menjadikan manusia menjadi apatis, sampai maraknya penipuan dan ketidakstabilan
kondisi ekonomi keluarga akibat keinginan memiliki gadget.
B. SARAN
1.
Diharapkan kepada pelajar untuk
menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2.
Sebaiknya pelajar menggunakan gadget seperlunya
dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari gadget tidak
terjadi.
3.
Pihak orangtua sebaiknya selalu
mengontrol anaknya dalam menggunakan gadget.
4.
Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan
murid menggunakan gadget saat jam pelajaran,
5. Pihak sekolah
hendaknya tidak mengijinkan siswanya menghidupkan gadget saat
jam belajar
DAFTAR PUSTAKA
Dikutip dari internet :
Keraf, Gorrys. 1970. KOMPOSISI.
Jakarta: NUSA INDAH
http://en.wikipedia.org/wiki/Gadget
http://izmeecutez.blogspot.com/2009/01/pengertian-teknlogi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2011/10/14/gadget-itu-ibarat-pisau-bermata-dua/ http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2011/10/15/gadget-antara-kegunaan-dan-gengsi/
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar