Senin, 23 Maret 2015

Makalah Gadget

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
B.     Perumusan masalah
C.    Tujuan penulisan
D.    Manfaat penulisan
Bab II PEMBAHASAN
A.    Pengertian gadget
B.     Perkembangan gadget
C.    Dampak penggunaan gadget
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran






KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan  kesempatan  kepada penulis dalam  mengembangkan karya tulis ini yang berjudul “Gadget”.
 Terima kasih penulis ucapkan kepada bapak Siswandi, M si. selaku dosen mata kuliah Pengantar komputer, yang telah memberikan  kesempatan  kepada penulis untuk menyusun karya tulis ini sebagai tugas individu mata kuliah ini.
Dan Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam mengembangkan karya tulis ini.
            Dalam penulisan karya tulis ini banyak sekali terdapat kekurangan dan kelemahannya baik dari segi penulisan dan juga materi itu dikarenakan penulis masih dalam proses belajar. Kritik dan saran yang membangun penulis harapkan dari para pembaca.
            Demikianlah karya tulis ini penulis buat agar bermanfaat baik bagi diri penulis maupun bagi orang lain yang membacanya.

Anyar,  Februari 2015

       Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Masuknya era globalisasi telah mempengaruhi perkembangan teknologi di berbagai belahan dunia. Akibatnya terhadap perubahan gaya hidup manusia yang semakin kompleks dan ingin segala sesuatunya instan, karena sifatnya sebagai mobile human yang dinamis. Artinya bahwa manusia zaman modern ini dapat mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan segala fasilitas untuk kepentingan hidupnya. Salah satu tekhnologi yang canggih dan fleksible ialah gadget.
Gadget, Sangat sering sekali kita dengar kata itu akhir-akhir ini. Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan mungkin salah satu dari berbagai jenis gadget telah kita miliki, seperti BlackBerry, Apple dan Android. Ketiga merek tersebut sangat banyak kita temui dipasar Indonesia saat ini.
Dengan demikian, kecanggihan-kecanggihan teknologi yang hadir dapat menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan kita entah itu yang positif ataupun  dampak negatif. Para pengguna gadget sebaiknya memang bisa menyadari akibat-akibat tersebut. Gadget dapat menguntungkan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya. Maka tetap bersikap cerdaslah dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget lebih baik daripada hidup tanpanya.
B. Perumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan gadget?
2.      Bagaimana perkembangan gadget pada saat ini?
3.      Apakah dampak positif dari perkembangan gadget?
4.      Apakah dampak negatif dari perkembangan gadget?

C. Tujuan Penulisan
1.      Untuk memberikan informasi mengenai gadget.
2.      Untuk memberikan informasi mengenai perkembangan gadget.
3.      Memberikan informasi mengenai sejara gadget
4.      Untuk memberikan informasi mengenai dampak positif dan negatif dari gadget.

D. Manfaat Penulisan
1.      Untuk menambah ilmu dan wawasan pembaca dan penulis mengenai gadget.
2.      Untuk memberikan informasi-informasi yang menarik bagi pembaca.







BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Gadget
1.    Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris,
yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
2.    Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik)
teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya.

B. Perkembangan gadget
Ada masyarakat yang terpengaruh dengan perkembangan gadget ini dan ada yang tidak. Bagi yang tidak terpengaruh, mereka santai saja menjalani kehidupan seperti biasa dengan gadget seadanya dan tidak terlalu memusingkan hal tersebut untuk mendapatkan gadget terbaru dengan segala pemikiran. Bagi yang terpengaruh, mereka selalu mengikuti perkembangan gadget. Mereka berlomba-lomba membeli gadget terbaru dengan berbagai cara. Ini semua dilakukan hanya demi sebuah gengsi. Padahal belum tentu mereka yang mengikuti trend gadget dapat menggunakannya dengan maksimal. Bagi mereka “yang penting punya dan paling bagus diantara yang lain”.
Jika dahulu orang memiliki walkman, kemudian discman, kini sudah tergusur oleh portable audio player yang sangat mini dan mudah dibawa kemana-mana.

C.  Dampak penggunaan gadget
1.     Dampak Positif Gadget
Sebagai suatu alat yang diciptakan untuk memudahkan dan membantu pekerjaan kita sebagai manusia, tentu saja gadget memiliki banyak sekali dampak positif bagi kehidupan manusia. Dampak positif yang kita terima meliputi berbagai aspek kehidupan. Adapun dampak positif dari gadget dalam kehidupan ialah sebagai berikut :

1.1.             Segi Komunikasi
Dahulu, kita jika ingin berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya hanya bisa dilakukan jika kita bertemu tatap muka langsung dengan seseorang. Untuk wilayah yang jauh, kita hanya bisa saling bertukar informasi dengan mengirim surat. Namun, sekarang ini kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, tanpa harus bertemu langsung dengan orang yang bersangkutan. Dengan adanya gadget, seperti handphone, komputer, dan sebagainya, kita bisa berkomunikasi langsung melalui suara. Fasilitas lain yang disediakan seperti chatting dan video call memberi kita kemudahan untuk saling berkomunikasi dengan cara yang bervariasi. Kita bisa berkomunikasi tanpa harus tanpa terikat tempat tinggal. Komunikasi menjadi lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari segi cara kita membawa alat tersebut.

1.2.              Segi Sosial
Kita bisa memperbanyak teman menggunakan gadget dengan cepat dan mudah. Kita bisa berbagi kabar dengan teman dan kerabat kita di dalam ataupun luar negeri dengan cepat. Apalagi sekarang sudah banyak social media yang bervariasi membuat kita menjadi lebih mudah dan bervariasi dalam menyampaikan kabar. Dengan menggunakan gadget, kita bisa mengakses social media apapun itu, dan membuat kita menjadi lebih mudah menyebarkan informasi mengenai diri kita ke siapapun yang kita inginkan, baik itu teman atau saudara. Kemudahan menyebarkan informasi tersebut, juga bisa membuat kita menjadi lebih kreatif dalam menunjukkan hasil karya kita, seperti adanya blogger, youtube, soundcloud dan banyak lagi.

1.3. Segi Pendidikan
Banyak sekali dampak positif yang bisa kita ambil dari gadget pada segi pendidikan. Dengan adanya gadget, seorang siswa menjadi lebih mudah dalam mencari informasi mengenai pelajaran yang sedang ia pelajari. Seorang siswa dituntut menjadi seorang yang kreatif dalam menambah ilmu pengetahuan, dan tidak hanya terpaku dari ajaran guru dan ilmu yang di dapat di sekolah. Seorang anak yang bergaul dengan gadget juga cenderung lebih kreatif.

2.       Dampak Negatif Gadget
Manusia dan gadget seperti halnya dua insan yang tak bisa dipisahkan. Tak heran jika sekarang ini banyak manusia yang lebih nyaman menghabiskan waktunya bersama gadget dibandingkan dengan sesama manusia. Hal ini dapat menyebabkan manusia menjadi cenderung tak acuh dengan kehidupan di lingkungan sekitarnya.
Beberapa dampak negatif lain dari gadget di lihat dari beberapa segi kehidupan ialah :

2.1.  Segi Kesehatan
§  Peningkatan resiko kanker dari penggunaan gadget dikarenakan radiasi yang ditimbulkan.
§  Penggunaan cahaya atau pencerahan maksimal secara berkara pada ponsel, komputer, atau tablet dapat mengakibatkan perih pada mata dan bisa menimbulkan rabun pada mata.

2.2.  Segi Budaya
§  Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku pada daerah tertentu diakibatkan kesibukan menggunakan gadget.
§  Masuknya budaya barat secara perlahan tanpa adanya filtrasi dari mereka yang kecanduan gadget.
§  Bisa menghilangkan rasa nasionalisme dan lebih mencintai produk dari luar negeri.

2.3.  Segi Sosial
§  Menjadikan manusia cenderung autis dan asik sendiri dengan gadget nya sehingga tidak menghiraukan lingkungan sekitar.
§  Tidak bisa mengontrol diri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung.
§  Menyebabkan manusia menjadi egois dan tak terkendali.
§  Menjadikan manusia menjadi lebih apatis.
§  Banyak orang yang bergaul dengan gadget hidupnya menjadi tidak teratur.

2.4.  Segi Ekonomi
§  Banyaknya terjadi penipuan dikarenakan mudahnya kemudahan yang disuguhkan dari fitur-fitur yang ada di gadget.
§  Keuangan yang tidak stabil di dalam keluarga dikarenakan harus menuruti keinginan anaknya untuk membeli gadget yang baru.
§  Menjadikan manusia menganut konsumerisme yang berlebihan.
§  Dengan perkembangan gadget yang sangat cepat, membuat manusia yang maniac gadget berupaya untuk terus mengikutinya dan membuat kondisi ekonomi nya semakin menipis dikarenakan keinginan dan gengsi untuk memiliki gadget terbaru.



BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Gadget adalah suatu piranti atau alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis dan spesifik yang berguna dan umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru dan merupakan sesuatu yang tidak biasa dan selalu didesain lebih pintar dari teknologi yang ada. Contohnya adalah komputer, handphone, tablet, game console, dan lain-lain.
Gadget yang sangat banyak digunakan saat ini ialah smartphone dan tablet. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, dan juga sangat praktis, membuat gadget jenis ini sangat diminati oleh penggunanya.
Banyak dampak positif yang didapat dari penggunaan gadget, seperti menjadikan komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis dari segi komunikasi, menambah banyak teman dari segi sosial, dan juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari segi pendidikan.
Gadget juga memberikan dampak negatif seperti pada dapat menyebabkan kerabunan, memudarkan rasa nasionalisme, menjadikan manusia menjadi apatis, sampai maraknya penipuan dan ketidakstabilan kondisi ekonomi keluarga akibat keinginan memiliki gadget.


B. SARAN
1.     Diharapkan kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2.     Sebaiknya pelajar menggunakan gadget seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari gadget tidak terjadi.
3.     Pihak orangtua sebaiknya selalu mengontrol anaknya dalam menggunakan gadget.
4.     Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan murid menggunakan gadget saat jam pelajaran,
5.      Pihak sekolah hendaknya tidak mengijinkan siswanya menghidupkan gadget saat jam belajar







DAFTAR PUSTAKA


Dikutip dari internet :
Keraf, Gorrys. 1970. KOMPOSISI. Jakarta: NUSA INDAH
http://en.wikipedia.org/wiki/Gadget
http://izmeecutez.blogspot.com/2009/01/pengertian-teknlogi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi  
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar