Sabtu, 06 Desember 2014

Manfaat, Bahaya Dan Dampak Cesium

v  Manfaat Cesium
1. Minyak Eksplorasi
Arus terbesar akhir penggunaan caesium adalah di cesium formate berbasis cairan pengeboran untuk industri minyak ekstraktif. Fungsi format cesium sebagai fluida pengeboran untuk melumasi mata bor, untuk membawa potongan batuan ke permukaan, dan untuk menjaga tekanan pada pembentukan selama pengeboran sumur.
2. Jam Atom
Cesium berbasis jam atom mengamati transisi elektromagnetik dalam struktur hyperfine dari caesium-133 atom dan menggunakannya sebagai titik referensi. Jam cesium juga digunakan dalam jaringan yang mengawasi waktu transmisi ponsel dan arus informasi di Internet.
3.      Tenaga Listrik dan Elektronik
Cesium uap generator termionik daya pengangkat rendah  yang mengubah energi panas menjadi energi listrik.
4. Cairan Sentrifugasi
Karena kepadatan yang tinggi, solusi cesium klorida (CsCl), sulfat (Cs2SO4), dan trifluoroacetate (Cs (O2CCF3)) yang umumnya digunakan dalam biologi molekuler untuk ultrasentrifugasi gradien densitas.
5. Dalam Bidang Kimia dan Penggunaan Medis
Senyawa cesium digunakan untuk meningkatkan efektivitas dari beberapa logam  katalis-ion yang digunakan dalam  produksi bahan kimia.
6. Nuklir dan Aplikasi Isotop
Cesium-137  sangat umum digunakan sebagai radioisotop emitor gamma dalam aplikasi industri. Isotop radioaktif cesium dalam perangkat radiasi yang digunakan dalam bidang medis untuk mengobati jenis kanker tertentu.
Cesium-137 telah digunakan dalam berbagai alat pengukur pengukuran industri, termasuk kelembaban, kepadatan, meratakan, dan pengukur ketebalan.
8. Prognostications
Garam Cesium telah dievaluasi sebagai reagen antishock. untuk digunakan setelah pemberian obat arsenik. Karena efeknya pada irama jantung. Garam cesium juga telah digunakan untuk mengobati epilepsi.
v  Bahaya dan Dampak Cesium
senyawa cesium adalah senyawa yang  agak beracun. Paparan sejumlah besar senyawa cesium dapat menyebabkan  hyperirritability dan kejang, tetapi jumlah tersebut biasanya  tidak akan ditemui dalam  sumber-sumber alam. Sebagian kita tentulah paham bahaya paparan radiasi nuklir.  Masyarakat Bulgaria yang wilayahnya dekat dengan Ukraina, contohnya, baru melihat dampak negatif radiasi tragedi Chernobyl sekitar 15 tahun setelah kejadian. Sebagian mereka konon terkena kanker payudara, tiroid serta paru-paru. Kanker ini konon disebabkan oleh unsur cesium yang diserap tanah saat unsur tersebut ikut menguap bersama awan hujan beberapa saat setelah ledakan terjadi.
Cesium Bikarbonat karbonat kromat klorida flourid hidrida
Sifat kimia :
  • Memiliki masa atom yg lebih tinggi dan lebih elektropositif dr yg lain
  • Oksidasi besar. Disebabkan Jari atom besar sehingga sgt mudah melepaskan electron
  • Mudah melepaskan electron. mudah teroksidasi.

1 komentar: